Dinosaurus MIni

Penemuan terbaru berupa fosil dinosaurus yang berukuran kecil






Afrika Selatan - Tidak semua dinosaurus berukuran besar dan menyeramkan. Ada juga lho, dinosaurus yang berukuran sangat kecil. Seperti dinosaurus jenis Pegomastax yang baru saja ditemukan. 

Beberapa dinosaurus dari jenis heterodontosaurid panjangnya kurang dari 60 cm, sehingga dikategorikan sebagai dinosaurus kerdil. Fosil dinosaurus heterodontosaurus ditemukan di banyak tempat dari Inggris hingga China. 

Sekarang ini, sebuah spesies baru yang ganjil telah ditemukan dari Afrika Selatan. Fosil spesies dinosaurus kerdil itu terdapat pada batuan merah yang sudah diteliti ilmuwan sejak awal tahun 1960-an. Selama ini, fosil spesies tersebut disimpan di laboratorium Harvard tanpa ada yang menyadari bahwa itu merupakan spesies yang belum teridentifikasi. Fosil itu memperlihatkan tubuh dinosaurus yang sangat unik. Moncongnya seperti paruh burung, rahangnya setebal 3 cm, gigi geligi yang tajam, dan tulang tengkorak yang panjangnya tidak lebih dari 10 cm. Panjang badan keseluruhan sekitar 60 cm dan diperkirakan beratnya setara dengan kucing rumahan berukuran kecil. 

Oleh peneliti Paul C. Sereno dari University of Chicago, spesies dinosaurus kerdil tersebut dinamai Pegomastax africanus, yang berarti rahang tebal dari Afrika. Penemuan itu dipublikasikan dalam jurnal online ZooKeys awal Oktober ini. Fosil-fosil Pegomastax tersebut akhirnya dikembalikan ke Museum Afrika Selatan di Cape Town.

Senin, 08 Oktober 2012 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Ayah/Bunda ke Blog kami. Silahkan apabila Ayah/Bunda dan pembaca ingin berkomentar tentang isi Blog kami. Thanks