Cara Mengatasi Persaingan Diantara Anak

Bagaimanakah cara mengatasi persaingan diantara anak
Michael dan Michelle adalah kakak beradik. Michael lebih sering dipuji ortunya karena ia anak yang berprestasi di sekolahnya. Sedangkan Michelle mempunyai prestasi yang biasa-biasa saja dan orangtuanya jarang sekali memuji Michelle. Jika Michelle mendapatkan nilai ujian yang biasa-biasa saja, Ibu sering berkata “Kenapa sih kamu tidak bisa seperti kakakmu yang bisa mendapatkan nilai seratus?”. Michelle merasa ibunya tidak menyayanginya dan tidak menghargai usahanya. Dalam diri Michelle timbul perasaan iri hati terhadap Michael. Michelle melihat kakaknya sebagai saingan untuk memperoleh penghargaan dari ortunya.

Rasa persaingan di antara kakak dan adik merupakan hal biasa yang sering terjadi di dalam keluarga. Hal ini bisa timbul karena tindakan orangtua yang kurang mengerti bagaimana bersikap adil terhadap anak-anaknya. Orangtua kadangkala merasa sudah adil dengan melihat keadilan itu dari sudut pandang (persepsi) orangtua saja. Orangtua kurang memahami sifat adil itu dengan memperhitungkan bagaimana perasaan anaknya dan dampaknya terhadap relasi bersaudara di antara anak-anaknya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi persaingan di antara Anak :

Pujilah anak-anak Anda secara bersamaan

Setiap manusia adalah mahluk yang membutuhkan penghargaan dari sesamanya,terutama dari orang yang terdekat yaitu orangtua. Jika salah satu anak Anda mendapatkan nilai yang bagus, Anda dapat berkata “Wah anak Ayah/Ibu pintar sama seperti kakaknya/adiknya.”Jika kedua anak Anda sedang membuat pekerjaan sekolah bersama-sama,misalnya melukis bersama. Anda dapat memuji hasil pujian anak Anda secara bersamaan. “Wah kamu berdua membuat lukisan yang bagus sekali, Ayah/Ibu bangga sama kalian.”

Luangkan waktu untuk beraktifitas bersama dengan anak-anak Anda

Anak-anak sangat senang jika beraktifitas bersama orangtua mereka. Luangkan waktu Anda untuk beraktifitas bersama,misalnya makan di restoran bersama, berenang bersama, bermain bersama dll.

Bagilah waktu berpergian dengan anak-anak Anda

Atur waktu berpergian dengan salah satu anak Anda secara bergantian. Ada waktunya Anda pergi bersama si kakak, ada waktunya Anda pergi bersama si adik dan ada waktunya pergi sekeluarga.Misalnya saat ini Anda ingin mengajak anak yang kedua untuk berbelanja. Anda dapat meluangkan waktu untuk mendengarkan anak Anda bercerita tentang hari-harinya di sekolah. Sebelum pulang,sebaiknya Anda mengajak anak Anda untuk memberikan oleh-oleh untuk anak yang pertama. Beritahu anak Anda untuk memberikan dan memilihkan sendiri oleh-oleh tersebut untuk saudaranya. Misalnya “Ayo kita belikan barang kesukaan kakak, nanti kamu yang memilihkan dan kamu yang berikan ke kakak ya!”. Katakan kepada anak Anda bahwa mereka penting dan istimewa. “Kamu dan kakak sangat penting dan istimewa bagi Ayah/Ibu”. Hal ini dilakukan supaya anak Anda merasa istimewa dan penting.


Sabtu, 01 September 2012 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Ayah/Bunda ke Blog kami. Silahkan apabila Ayah/Bunda dan pembaca ingin berkomentar tentang isi Blog kami. Thanks