Awan Pelangi Api







Florida - Lihatlah gambar ini teman-teman. Mengagumkan, bukan? Fenomena langka sering disebut dengan istilah awan pelangi api (fire rainbow cloud). Apakah itu? 

Menurut ilmuwan Dr Les Cowley yang dikutip Daily Mail, penamaan awan pelangi api sebetulnya bukanlah penamaan yang imliah. Namanya yang  lebih tepat adalah “circumhorizon arc”. Ia menjelaskan, pada sore hari di hari yang cerah dan matahari bersinar, awan-awan cumulus menjadi naik, dan mendorong lapisan-lapisan uap air di atasnya menjadi semakin tinggi. Di tempat yang tinggi itu, molekul-molekul uap air mengalami pendinginan dan mengalami kondensasi, sehingga terbentuklah apa yang disebut 'awan pileus'. 

Saat awan pileus terbentuk dengan cepat, titik-titik air di dalamnya cenderung memiliki ukuran seragam. Nah, awan itu bisa memantulkan, membiaskan dan mendifraksikan cahaya.  Jika pelangi lebih banyak terbentuk karena proses pemantulan dan pembiasan cahaya, pada awan pelangi api, proses difraksi cahayalah yang lebih berperan. Pada proses difraksi (lenturan) gelombang cahaya diubah menjadi bentuk seperti cincin. Sehingga terbentuklah fenomena langka yang indah tersebut.

Kamis, 30 Agustus 2012 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Ayah/Bunda ke Blog kami. Silahkan apabila Ayah/Bunda dan pembaca ingin berkomentar tentang isi Blog kami. Thanks