Apakah Pusar Itu?



Bayi  yang  berada didalam kandungan ibunya mendapat asupan makanan melalui seutas tali, ketika bayi dilahirkan, tali itu dipotong karena sudah tidak dibutuhkan lagi. Bekas tali itulah yang disebut pusar.


Megapa pusar kita kotor?

Pusar umumnya mempunyai bentuk yang berlekuk-lekuk, sehingga akan menjadikan kotoran banyak mengumpul ditempat tersebut. Karena bentuknya yang berlekuk itu pula menyebabkan agak sulit untuk membersihkan kotoran yang ada dipusar, namun demikian sebenarnya kotoran dipusar kita hanyalah debu dan kotoran biasa yang mengumpul disana.
Pusar kita lebih peka dari pada bagian perut yang lain, jadi sewaktu membersihkannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Orang tua dapat membersihkan pusar bayi dengan minyak bayi dan pembersih bertangkai kapas.



Bagi orang tua :

Sebelum lahir, bayi atau janin tumbuh didalam rahim ibunya. Tali pusar yang panjang menghubungkan si bayi dengan ari-ari ibunya untuk menyalurkan zat-zat gizi dan oksigen kepada bayi, dan mengeluarkan sisa makanan.

Begitu bayi lahir, tali itu sudah tidak dibutuhkan lagi, tali itu dijepit kemudian dipotong. Setelah sisa tali mongering, akan terbentuklah pusar. Pusar perlu dibersihkan secara teratur dengan hati-hati untuk menghilangkan kotoran-kotoran dan debu yang terkumpul didalamnya.

Senin, 06 Agustus 2012 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Ayah/Bunda ke Blog kami. Silahkan apabila Ayah/Bunda dan pembaca ingin berkomentar tentang isi Blog kami. Thanks